#2 Culinary Book “Italian Food Aglio Olio”

20140828_173721 (1)Back with me and my little experiment of culinary, I’m sunrise! It was my Dad’s birthday lately and I know he loves Italian food, so I kinda transform into a day chef for him. Well, Dad suka banget sama yang namanya Spaghetti. Biasanya, aku selalu masak bolognese when it comes to spaghetti, tapi karena ini ulang tahun Daddy so I decided to make a different one. Ya, Aglio Olio. 

Pernah sekali aku nonton kompetisi kuliner tentang Italian food dan aku tertarik banget sama Aglio Olio karena bumbunya yang kelihatannya lebih gurih dari spaghetti yang lain. Kemudian, aku mencoba makanan ini pertama kali waktu kuliah di China. But, rasanya sedikit di bawah yang kuharapkan, mungkin karena waktu itu restoran yang menyajikan menu utamanya masakan Korea dan masakan Italia hanya sebagai menu pelengkap aja. Akhirnya, suatu hari teman aku menemukan restoran khusus makanan Italia di salah satu Mall di Baoding. Dan, aku benar-benar merasakan Aglio Olio yang sebenarnya disana. Finally!!

Well, Spaghetti Aglio Olio (atau Aglio e Olio) dalam bahasa Indonesia berarti ‘Spaghetti dengan bawang putih dan minyak’. Spaghetti ini sendiri adalah hidangan pasta tradisional Italia, yang datang dari Napoli, karena merupakan varian dari yang asli: Spaghetti alle vongole. Hidangan aslinya berbahan dasar daging cincang tumis ringan dan bawang putih yang di tumbuk yang di masak dalam minyak zaitun, kadang-kadang dapat di tambah serpihan cabai merah kering, dan paprika. Peterseli cincang halus juga dapat ditambahkan sebagai hiasan, bersama dengan parmesan parut atau keju pecorino, meskipun menurut beberapa resep tradisional, keju sebaiknya tidak ditambahkan.

Nah, kalau spaghetti aglio olio versiku, jauh lebih simpel dari aslinya. Kebetulan saat memasaknya, aku hanya memakai bahan-bahan seadanya di kulkas. But, trust me! Rasanya juga tak kalah dengan yang aslinya. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Pasta Spaghetti secukupnya
  2. Corn Oil (aku memakainya sebagi ganti olive oil)
  3. Mentega
  4. Bawang putih
  5. Sosis (di potong tipis-tipis)
  6. Cabai merah (dipotong kecil-kecil)
  7. Paprika
  8. Garam
  9. Lada hitam

Cara memasaknya :

  1. Rebus pasta Spaghetti dengan air dan campuran sedikit corn oil. Campuran minyak dan air ini membuat pasta tidak lengket di paci dan tidak menempel satu sama lain. Setelah kenyal, tiriskan.
  2. Hancurkan bawang putih hingga halus, pastikan jumlah bawang yang digunakkan tidak terlalu sedikit. Kemudian tumis menggunakan mentega, cabai merah, paprika, dan sosis.
  3. Tambahkan garam dan lada hitam secukupnya, untuk beberapa kasus terkadang menambahkan mayones akan membuatnya lebih enak.
  4. Setelah itu campur spaghetti dengan bumbunya dan aduk merata. Bisa di tambahkan peterselli cincang jika ada.

Nah, tidak susah bukan? Dan hasil akhir yang kudapat adalah seperti ini. Di foto dengan kamera handphone 5 mega pixel, tanpa efek camera 360. Lol. Silahkan mencoba~

20140828_173735

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s